Skip links

Tips Membersihkan Kolam Renang Umum

Penggunaan kolam renang saat ini terlihat semakin banyak digemari, itu karena sebagian besar orang lebih suka olahraga air. Apalagi jika suasana di sekitar kolam sangat membuat rileks, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa ada beberapa macam tips membersihkan kolam renang umum.

Beberapa Tips Membersihkan Kolam Renang Umum

Tips Membersihkan Kolam Renang Umum

Setiap kolam renang manapun, baik itu kolam pribadi atau bahkan umum sekalipun. Semuanya perlu diberikan perawatan kolam renang bali agar air yang ada di dalam kolam akan selalu jernih dan bersih. Selain itu juga bebas dari kotoran maupun kuman yang berkumpul.

  1. Menjaga Air di Kolam Renang Tetap Bersih

Salah satu tips untuk membersihkan kolam renang umum ialah mengupayakan dengan menjaga air kolam tersebut tetap bersih dan jernih. Biasanya selama penggunaan di hari libur akan ada banyak pengunjung yang datang ke kolam renang sehingga membuatnya akan tampak keruh.

Mengingat setiap orang yang berenang di kolam memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda, pembersihan kolam renang secara rutin sangat diperlukan. Biasanya air akan diberikan obat desinfektan khusus seperti HCL, kaporit, tawas atau soda agar selalu bersih dan tak nampak keruh.

  1. Meminimalkan Adanya Pertumbuhan Lumut di Dasar Kolam

Selain itu, dalam rangka membersihkan kolam renang umum tak hanya memberikan desinfektan saja agar air tetap jernih dan tidak keruh. Anda harus mengupayakan agar pertumbuhan lumut yang biasanya tumbuh di dasar kolam tak semakin bertumbuh. Lumut ini seringkali disebut dengan alga.

Alga dapat berkembang biak di kolam renang umum sehingga air yang dihasilkan akan nampak berwarna kehijauan. Untuk dapat meminimalkan pertumbuhan lumut ini, Anda coba tanam beberapa pohon di sekitaran kolam renang agar permukaan air tak terkena paparan sinar matahari langsung.

  1. Menggunakan Filter Air Kolam

Kemudian Anda juga dapat menggunakan filter air kolam, hal ini bertujuan untuk menyaring dan juga dapat meningkatkan kualitas pada air kolamnya agar tetap bersih. Fungsi dari filter ini sendiri adalah untuk memisahkan kotoran dari kolam renang. Upaya ini bisa juga dilakukan pada kolam pribadi.

Semakin tinggi dan juga baik kapasitas dari kerja filter kolam renang umum, maka akan baik pula kualitas air yang dihasilkan nantinya. Itulah mengapa penggunaan filter air ini sangatlah penting dikarenakan dapat membantu proses penyaringan air dari kotoran yang biasanya menyebar di air.

  1. Mengatur Kadar Klorin

Kemudian tips agar kolam renang umum tidak mudah berlumut ialah dengan cara mengatur kadar jlorin serta pHnya. Sesuaikan dengan rekomendasi yang disebutkan oleh para ahli yang dikenal telah melakukan eksperimen lalu menggunakan suatu cara itu dan akhirnya berhasil mendapatkan hasil.

Biasanya pH yang dianjurkan oleh para ahli tersebut dan telah terbukti ialah kolam renang harus memiliki pH sekitar 7,2 sampai dengan 7,4. Sedangkan klorin di dalam air hanya diperbolehkan antara 1,0 hingga 3,0 dan asam sianuratnya cukup 40 BPJ saja.

  1. Memasang Lampu Ultraviolet

Tips merawat kolam renang tak harus menggunakan kaporit, kini ada inovasi baru yang bisa dilakukan yaitu dengan menambahkan lampu ultraviolet. Lampu ini dikenal dapat menjaga kondisi air di kolam renang supaya tetap bersih, dapat membunuh kuman dan juga bakteri yang ada di air.

Jadi, penggunaan kaporit dan bahan lainnya tak diperlukan lagi, karena kini sudah ada cara yang lebih simpel dan sederhana lagi. Bahkan lampu ultraviolet juga dapat mengikat bibit lumut dan juga ganggang supaya bisa menggumpal menjadi satu.

Demikian penjelasan singkat namun bermanfaat dari pembahasan mengenai beberapa macam tips membersihkan kolam renang umumdengan baik dan benar serta terbukti ampuh. Untuk informasi lebih lanjut Anda juga bisa mengunjungi situs kedaspool.com.

Hubungi Kami Tips Membersihkan Kolam Renang Umum

Kedas Pool Bali
Mawang Kaja, Lodtunduh Ubud
Phone :081239633946
WhatsaApp : 081916453241